Di Dampingi Wakil Bupati Bolsel, DPR RI Komisi V Herson Mayulu Resmikan Program Kotaku Di Desa Ilomata

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- Sabtu (16/01/2021), Demi mendorong upaya strategis Direktorat Jendral Kementerian PUPR untuk mempercepat penanganan Permukiman Kumuh setiap daerah dan kota di seluruh Indonesia Anggota DPR RI Komisi V Hi. Herson Mayulu, SIP di dampingi Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid meresmikan Program Kotaku di Desa Ilomata Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

 

Pada kesempatan tersebut, Hi.Herson Mayulu SIP yang merupakan politisi tulen PDIP Komisi V DPR RI dapil Sulawesi Utara (Sulut) ini menyampaikan lewat sambutanya, Program Kotaku yang merupakan upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2017 dan yang awal menerima program tersebut yakni Kota Mobagu, dan daerah Bolsel sendiri pun baru menerima pada tahun 2020 kemarin yakni Desa Ilomata.

“Tujuan dari program kotaku ini tidak lain meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar permukiman kumuh dan mencegah timbulnya Permukiman baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, prduktif, dan berkelanjutan”
Ucap OKU sapaan akrabnya

 

Dirinya juga menyampaikan permukiman kumuh yang terjadi di setiap kelurahan dan desa benar-benar harus di kurangi sehingga akan melahirkan perubahan perilaku atau sikap dalam menerapkan hidup sehat dan bersih pada masyarakat. Sehingga wilayah-wilayah yang tinggi akan kondisi kumuhnya itu akan mendapatkan program bantuan Kotaku.

“Namanya saja Kota tanpa kumuh, Seharusnya bantuan ini tidak boleh di desa namun ini sudah menjadi komitmen pemerintah agar bisa masuk desa dikarenakan kekumuhan juga bukan hanya ada di wilayah kota tetapi ada juga diDesa. Buktinya Desa Ilomata sendiri ada 6 pekerjaan yakni jamban, Bak Kondor, Jalan Paving, Ipal, dan tempat pengelolaan sampah. Sehingga yang saat ini sudah di kerjakan akan berkesinambungan, ada pemeliharaan, harus di jaga dan di rawat oleh maayarakat dan pemerintah untuk di manfaatkan secara berkelanjutan”
Tambah Mantan Bupati Bolsel dua periode

Tak hanya itu, Herson Mayulu juga tak lupa memberikan himbauan kepada pemerintah Daerah Bolsel melaui Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid yang hadir mendampinginya agar supaya dapat memberikan bantuan air bersih di Desa Ilomata.

“Program ini harus di topang oleh pemerintah daerah Bolsel, paling tidak ada air bersih dalam desa. Ini butuh kerjasama atau kolaborasi antar perintah daerah dan pemerintah pusat. Intinya pemerintah daerah harus memberikan bantuan bagaimana agar air bersih masuk ke Desa ilomata dan desa-desa lain”
Pungkasnya

Sementra itu masih di tempat yang sama, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dalam sambutannya mengaku sangat bersyukur selaku pemerintah daerah dengan adanya program Kotaku yang diinisiasi oleh Anggota DPR RI Komisi V H.Herson Mayulu SIP atas dibawah kerjasama kemitraan Kementerian PUPR. Yang terus memberikan perhatian khususnya kepada maayarakat Bolmong Selatan.

“Jaga, Manfaatkan, rawat dan peliharalah bantuan yang di digelontorkan oleh pemerintah. Intinya kita saling mengingatkan bahwa kita tidak mau kalau tempat kita Kumuh. Dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih Bapak Hi.Herson Mayulu SIP”
Tutupnya. (HT)

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …