Iskandar Kamaru Buka Kegiatan Pameran Arkeologi

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, SPt didampingi Wakil Bupati (Wabub) Deddy Abdul Hamid membuka kegiatan pameran arkeologi sekaligus memperingati hari Purbakala yang ke-108, betempat di Arta City Desa Popodu Kecamatan Bolaang Uki, Rabu (23/06/2021).

Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, SPt menyampaikan, Daerah Bolsel merupakan Daerah eks swapraja khususnya di Desa Molibagu dan hal tersebut sudah ditemukan ketika raja Bolango berpindah ke Negeri Langit.

“Nantinya Pemerintah Daerah (Pemda) akan bekerja sama dengan Balai arkeologi Suluttengo terkait penelitian situs-situs kebudayaan kerena Bolsel mempunyai bekas eks swapraja yakni kerajaan Bolango,” Ungkap Iskandar.

Dirinya juga berharap kegiatan ini mendapatkan support dari semua kalangan, agar generasi selanjutnya bisa mengetahui sejarah atau benda-benda purbakala yang ada di Bolsel.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menggali potensi budaya di Kabupaten Bolsel seperti yang tertuang dalam visi misi” Tuturnya

 

Tak hanya itu Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Bolsel Wahyudin Kadullah menambahkan bahwa Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) adalah Daerah yang mempunyai banyak nilai-nilai peninggalan sejarah dan belum digali sepenuhnya maka dengan adanya kegiatan ini merupakan cambuk sekaligus momentum bagi kita,” Jelas Wahyudin.

“Pemda Bolsel akan membuatkan monumen terkait dengan istana raja yang nantinya akan dijadikan museum agar masyarakat bisa mengenal peninggalan sejarah yang ada di Bolsel”
Tambah Wahyudin

Masih dalam kesempatan itu juga
Kepala Balai arkeologi Suluttengo Wuri Handoko menyampaikan, bahwa pameran ini tidak lain untuk mengangkat citra kebudayaan khususnya yang ada di Bolsel.

“Sebagaimana yang diketahui dalam kerangka nilai penting ekonomi tentang potensi sumberdaya arkeologi terkait cagar budaya yang dapat dikembangkan di Daerah Bolsel agar nantinya bisa dipublikasikan ke Dunia luar,” dan nntinya akan dilakukan riset-riset arkeologis untuk mengangkat sejarah kebudayaan eks swapraja yang terdapat di Kabupaten Bolsel. Namun selain itu juga akan mengali nilai-nilai budaya lainnya”
Jelas Wuri

Selain Bupati Bolaang Mongodow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, SPt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Turut dihadiri juga Anggota DPRD Bolsel Abdul Razak Bunsal SE, Asisten II Mohammad Suja Alamri, dan Komunitas Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Boslel.

(Sutikno/HT)

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …