Dipimpin Tokoh Adat, Bupati Bolsel Bersama Keluarga Gelar Ritual Adat Mandi “Mutimualo”

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- Setelah tepatnya 7 hari meninggalnya Ibunda tercintah Hj. Sam’an Podungge, keluarga besar Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, S.Pt melaksanakan ritual adat mandi “Mutimualo” yang dipimpin langsung oleh tokoh adat Desa Momalia 1, Kecamatan Posigadan, Minggu (02/02/2022) bertempat di aliran sungai Desa Momalia 1.

Adapun ritual adat suku Gorontalo “Mutimualo” yang dilakukan itu tidak lain merupakan ritual adat mandi bersama secara adat yang digelar pada saat ada anggota keluarga yang meninggal dunia.

Diketahui ritual adat ini juga merupakan salah satu bentuk kearifan lokal Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang masih tetap dilestarikan sebagai wujud keikhlasan pihak keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai.

Bahkan selain mampu melarung kesedihan, ritua mandi bersama ini juga dipercaya bisa membuat anggota keluarga yang berduka menjadi sehat, badan terasa segar, pikiran jernih dan rasa hati yang sedih akan terhapuskan‏‏ dan jika ritual itu tidak akan dilakukan maka menurut kepercayaan selama itu pula pihak keluarga akan dihantui rasa sedih yang tidak akan pernah ada habisnya, keluarga yang meninggal itu akan selalu terbayang setiap saat.

(H)*

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …