Pemkab Bolsel Raih Penghargaan Di Bidang Pengelolaan Air Limbah Domestik Dan Persampahan Se-Sulut

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berhasil meraih penghargaan terbaik II dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bidang pengelolaan air limbah domestik dan persampahan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolsel, Marzanzius Arvan Ohy, dalam rangka pelaksanaan penilaian anugerah sensanitional award 2022 yang dilaksanakan di Manado yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se Sulut, Selasa (19/02/2022).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy mengatakan dalam penghargaan tersebut Kabupaten Bolsel berada diurutan kedua setelah Kota Kotamobagu dan diikuti oleh Kota Bitung diposisi ketiga.

“Dalam penghargaan ini, ada tim penilai yang terdiri dari Bapeda Provinsi, PU, DLH dan Akademisi. Penilaian ini juga dilaksanakan setiap tahun. Dan Bolsel berhasil mendapatkan posisi terbaik II tahun 2022,” tandas Sekda Bolsel

Dengan hasil yang didapat tersebut, Sekda berharap agar kedepan bisa dimaksimalkan lagi terkait dengan pengelolaan air limbah dan persampahan ini. Sekda mengatakan akan menindaklanjuti hal-hal yang kurang sehingga target bisa terpenuhi.

“Terkait masih ada yang kurang, akan ditindaklanjuti kedepannya, sehingga target dapat terpenuhi,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengeloaan Limbah B3 DLH Bolsel, Muhamad Abdu Hasan sangat beryukur atas hasil yang didapat oleh Pemkab Bolsel di bidang pengelolaan air limbah dan persampahan ini.

“Alhamdulillah, Bolsel peringkat 2 di bidang pengelolaan air limbah dan persampahan. Semoga kedepan hasilnya akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kabid menjelaskan, kedepan pihaknya akan fokus pada 3 program, termasuk sosialiasi Open defecation atau buang air besar

“Yang pertama adalah pemeliharaan TPA. Kedua, penurunan colifarm (Ecoli) yang ada di sungai dengan cara sosialisasi ke masyarakat terkait (BABS) atau buang air besar sembarangan di Sungai. Ketiga, yang akan ditingkatkan adalah Bank sampah,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan meningkatkan ketersedian peraturan retribusi untuk layanan persampahan.

“Ketersediaan peraturan retribusi layanan persampahan ini yang belum ada, dan direncanakan tahun depan,” tutupnya.

(H).

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …