Menang di 7 Cabang Perlombaan, Kafilah MTQ Bolsel Raih Juara III Tingkat Provinsi Sulut

Bagikan Berita ini

TerasBolsel– Kafilah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang beranggotakan 32 orang, akhirnya tuntas mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 28 tingkat Provinsi Sulut.

Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulut ini digelar di Kampus IAIN Manado, sejak 22 sampai 24 Agustus beberapa waktu lalu.

Harapan kontingen MTQ Kabupaten Bolsel ini pun berbuah manis.Dimana para Kafilah berhasil menyabet juara III Umum di perhelatan akbar tersebut.

Sebagaimana dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolsel, Irmanto Usuli. Bahwa, dari 10 cabang yang diperlombakan, kontingen Bolsel berhasil memenangkan 7 cabang lomba keagamaan.

“Rinciannya Juara 1 tartil putri, Juara 1 tilawah remaja putri, Juara 2 tilawah dewasa putra, Juara 2 qiraat sab’ah mujawwad putri, Juara 3 fahmil Qur’an putra, Juara 3 kaligrafi cabang kontemporer serta Juara 3 kaligrafi hiasan mushaf putri,” sebutnya.

Berdasarkan keputusan Tim Dewan Juri MTQ yang diketuai oleh K.H Abdul Wahab Abdul Gaful,Lc, Kontingen Bolsel meraih nilai 19 pada 7 cabang perlombaan.

Pun berdasarkan raihan poin tersebut, Kontingen Kabupaten Bolsel menduduki juara III, setelah kontingen Kotamobagu yang menyabet juara I umum disusul dengan juara II oleh kafilah Manado.

Irmanto juga mengungkapkan, meski sebelumnya tersiar kabar bahwa juara III di dapat oleh kontingen asal Kabupaten Bolmong. Namun, hal itu langsung di klarifikasi oleh Kabid Bimas Islam, Hi Ulyas Taha yang juga sebagai dewan pengawas kegiatan.

“Ada kekeliruan dalam Perhitungan, tapi pak Ulyas Taha sudah mengumumkan melalui akun Facebook bahwa¬† Kafilah BolSel juara III Umum,” Tukasnya.

“Tadi pagi juga beliau sudah menghubungi saya melalui pesan WhatsApp,” Lanjut Irmanto.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Bolsel yang telah memberikan dukungan dan suportivitas bagi para Kafilah.

“Terimakasih buat para peserta yang telah berjuang membawa nama daerah tercinta. Serta kepada semua pihak yang turut membantu dan mendoakan perjuangan dalam membumikan Al-Quran,” Imbuhnya.

Editor: Chandra Mokoagow

Komentar Facebook