Ini Harapan Iskandar Kamaru Saat Membuka Kegitan Rapat Koordinasi dan Perencanaan Data

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL– Melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Bupati Bolaang Mongondow Selatan Hi. Iskandar Kamaru SPt yang di dampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, Tim Ahli Bidang Perencanaan Ibu Dr. Magdalena Wulur dan Kaban Bapelitbangda Harifin Matulu SPd, MAP menghadiri acara Acara sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Perencanaan Data.
Kamis, (14/01/2021) bertempat di Aula Hotel Aston Manado.

Iskandar Kamaru melalui sambutannya menyampaikan, kegiatan Rapat Koordinasi dan Perencanaan Data (SIPD) tahun 2021 ini adalah amanat dari pasal 10 ayat 3 dan 4 Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan paling lambat setiap bulan februari tahun berjalan yang hasil rapat koordinasi dan perencanaan Data dibuatkan berita acara.

“Untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari 15 kabupaten/kota yang sudah terintegrasi SIPD nya adalah Provinsi, Kabupaten Bolsel, Kabupaten Bolmong, Kota Kotamobagu, Sitaro dan Mitra. Proses integrasi ini dapat terwujud karena komitmen OPD sebagai produsen data setiap saat menyampaikan data kepada admin daerah melaui Bapelitbangda”
Ucap Bupati Bolsel

Iskandar Juga menyampaikan, Saat ini pemerintahan daerah sudah mengimplementasikan Permendagri 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah pada APBD 2021 melalui aplikasi SIPD. Korelasinya dengan Permendagri 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, dalam Permendagri 90 jelas disampaikan pada item penimbang huruf B, bahwa hadirnya Permendagri 90 digunakan untuk mendukung Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).
Intinya secara umum Aplikasi SIPD memuat Menu E-database SIPD, perencanaan pembangunan SIPD dan Dasboard Profil SIPD yang didalamnya memuat informasi tentang Pembangunan Daerah, Informasi Keuangan Daerah dan Informasi lainnya seperti LPPD, EPPD dan Produk Hukum Daerah. Walaupun Kondisi saat ini seluruh daerah se-Indonesia masih dibingungkan oleh hadirnya beberapa versi SIPD yang dikeluarkan oleh kemendagri, seperti versi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah sebagaimana arahan dari Kemendagri melalui Dirjen Keuangan Daerah, Dirjen Pem bangunan Daerah dan Pusdatin yang merupakan organisasi perangkat daerah yang diibaratkan seperti pada pelaksanaan Sholat atau Ibadah, maka Bapelitbangda adalah Imamnya OPD dalam suksesnya pembangunan daerah, agar rencana dan janji-janji politik yang disampaikan melalui visi misi dapat terlaksana dengan baik dan terarah, perencanaan tahun 2022 menjadi rujukan data yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2022.

“Kedepan saya berharap untuk terus ditingkatkan kualitas data dan informasi daerah, sehingga informasi yang nantinya kita sajikan benar-benar sangat bermanfaat untuk masyarakat Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), maka kembali lagi komitmen pimpinan OPD menjadi hal paling penting dalam SIPD ini, sehingga kedepan Daerah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan lebih transparan lagi dalam penyampaian data pada masyarakat, serta dapat mewujudkan komitmen Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo untuk menjadikan satu data Indonesia”
Pungkasnya

Selain Bupati Iskndar Kamaru SPt, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekda Marzanzius A. Ohy, S.STP, dan Kaban Bapelitbangda Harifin Matulu, S.Pd, MAP hadir juga dalam acara tersebut Asisten I Ramli Abdulmajid, S.Pd, Asisten II Suja Alamri, S.Pd, Asisten III Rikson Paputungan S.Pd MPd, Para Pimpinan OPD dan Kasubag Program/Admin pada masing- masing OPD.
(Sutikno Bulumungo)

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …