Desa Salongo Barat Gelar Bimtek Kelompok Kerja Pemutahiran Data IDM Berbasis SDG

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- Guna menambah kapasitas pengetahuan pemerintah desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar Bimbigan Teknis (BIMTEK) kelompok kerja, Pemutahiran Data IDM Berbasis SDGs Desa, Salongo Barat, Kamis (25/3/2021).

Kepala Subbagian (Kasubbag) Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD), Hartatmi Hartawan mengatakan, bimtek yang digelar hari ini merupahkan salah satu upayah Pemkab Bolsel dalam menambah kapasitas pegetahuan Pemerintah Desa terkait Pemuhtahiran Data IDM Berbasis SDG, terutama di Desa Salongo Barat.

Lebih Lanjut lagi Hartatmin Hartawan mengatakan bahwa materi yang akan dibawahkan kali ini terkait dengan sistem informasi profil Desa dan Kelurahan, yang merupakan produk Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) yang dibuat dalam sebuah aplikasi sehigga dapat melihat kelebihan dan kekurang dari Desa, lebih khususnya Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, hal ini sudah diatur dalam Pemendagri 12 tahun 2017.

“Dari 81 Desa yang ada di Bolsel masih 3 Desa yang belum berkembang dan sisanya sudah berkatagori berkembang bahkan sudah ada juga yang maju namu yang berkatagori mandiri belum ada,” ujar Hartamin.

Tenaga Ahli (Ta) Bagian Teknologi Tepat Guna Amrin Modelong menyampaikan padat karya tunai merupakan bagian dari SDGs yang mengacu pada peraturan Mentri Desa no 13 tahun 2020 untuk prioritas penggunaan anggaran tahun 2021.

“Indeks Desa Membangun (IDM) sifatnya merupakan umum contohnya berapa jumlah anggota miskin dan berapa kategori umur yang pengangguran, sehingga kita bisa mengetahui IDM dari Desa itu, apakah Desa tersebut tergolong kategori Desa mandiri, maju, berkembang dan tertinggal,” Ucap Amrin

Lanjut Amrin ” Pemutahiran Data Berbasis SDGs ini lebih detil, apabila IDM bicara dalam konteks Desa untuk SDGs sendiri langsung keindividunya.

” Tujuan dari Penutahiran Data IDM Berbasis SDGs sendiri, merupakan bentuk pemulihan ekonomi bagi masyarakat yang diupayahkan oleh pemerintah pusat,” pungkasnya

Turut hadir dalam kegiatan bimtek kali ini, Kepala Subbagian (Kasubbag) Hartatmi Hartawan Tenaga ahli (TA) Amrin Modeong dan Darmawanti Dami Kepala Desa Salongo Barat Hendrik Amu, sekertaris Desa Purnawan Katili, Perangkat Desa, Ketua BPD yang dalam hal ini diwakili oleh anggota, dan Masyarakat Desa Salongo Barat.

(Sutikno/HT)

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …