Buka OSMB UT, Bupati Bolsel Ini Wujud Tingkatkan Mutu SDM Di Bidang Pendidikan

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- 100 guru PAUD (pendidikan anak usia dini) resmi menjadi mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Gorontalo. Para mahasiswa yang dibiayai sepenuhnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Provinsi, baru mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) UT.

Acaranya dibuka Bupati Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt ini, di aula Kantor Bupati Bolsel, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki Rabu (24/08/2022).

Diketahui, acara tersebut juga dirangkaikan dengan perkenalan Direktur UT Gorontalo, para dekan dan dosen serta seluruh fasilitas belajar mengajar di Kampus UT Gorontalo.

Bupati Bolsel H menyampaikan kepada para mahasiswa bahwa tujuan mereka studi S1 untuk meningkatkan indeks prmbangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pendidikan. “Program ini bertujuan dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan SDM di Bolsel, terutama di bidang pendidikan,” ucap Iskandar.

Bupati Iskandar menambahkan, pihaknya sangat berharap kepada seluruh mahasiswa baru untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Kami berharap kepada para Mahasiswa Bolsel yang akan berkuliah di UT Gorontalo agar dapat mengikuti proses perkuliahan dengan benar-benar dan selesai pada waktunya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Rahmawaty Mokodompit, S.Pd menjelaskan pentingnya OSMB pada Mahasiswa Baru.

“OSMB ini merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi dan khusus di UT yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, maka OSMB ditekankan pada proses belajar mandiri,” jelasnya. Sebagai informasi dari hasil pantauan awak media kurang lebih 100 orang Tenaga Tutorial Guru PAUD Bolsel adalah tenaga pendidik di PAUD yang berada di setiap desa di Bolsel.

Berikut tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah :

1. Mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ – UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana Akademik yang tersedia di UPBJJ – UT secara maksimal.

3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada Nilai – nilai Kemanusiaan.

4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.

5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas Akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ – UT yang nyaman, tertib, dan dinamis.

6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

(H).

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Program Dangisa dan SI-Patokaan, Bidik Sangadi Dan Remaja Usia Dini Di Bolsel

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM BOLSEL- Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Launching Sistem Informasi …