Optimalkan Data Pemilih, KPU Bolsel Gelar Bimtek Aplikasi E-Coklit

Bagikan Berita ini

PILARBMR.COM, BOLSEL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit untuk Pilkada Serentak yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, serta Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Tahun 2024.

Diketahui, agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) bertempat di kantor KPU Bolsel, yang dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kabupaten Bolsel, Sabtu, (15/06/2024).

Melalui sambutannya, Ketua KPU Bolsel Stanly E. Kakunsi menyampaikan bahwa sebelumnya seluruh komisi KPU Bolsel bersama sekretaris, kepala sub bagian keuangan dan umum, perencanaan dan data serta operator Sidalih telah mengikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit, di Hotel Rogers Manado, Selasa, 11 Juni 2024.

“Proses Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta terkait proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, serta penggunaan aplikasi E-Coklit, ” ucapnya ketika memberikan sambutan kepada peserta kegiatan.

Ditempat yang sama juga, Marlia Lumali, Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Bolsel mengutarakan usai Bimtek di tingkatan PPK, kegiatan dilanjutkan di tingkatkan PPS yang di laksanakan secara bergantian di beberapa kecamatan, sejak hari Minggu tanggal 16 Juni, Selasa 18 Juni, hingga Rabu 19 Juni 2024.

“Bimtek ini dilaksanakan selama empat hari, pertama diikuti oleh seluruh anggota PPK dan dilanjutkan oleh PPS se-kabupaten Bolsel,” tuturnya.

Saat memberikan Bimtek, Saiful Tontoli, S.Kom, selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Bolsel, menyampaikan terkait proses pemutakhiran data dari DP4 dan Sinkronisasi.

“Soal teknis penggunaan aplikasi E-coklit, telah dipaparkan oleh seluruh Komisioner secara detail dan Operator E-Coklit KPU Bolsel,” ucapnya.

Saiful Tontoli juga menambahkan, kepada seluruh masyarakat agar dapat mempersiapkan dokumen yang akan di perlukan pada saat pencoklitan yang akan di lakukan oleh Pantarlih se- Bolsel.

“Jadi di harapkan agar masyarakat dapat mempersiapkan KTP dan KK, karena Pantarlih sementara proses perekrutan dan akan di tetapkan pada tanggal 23 Juni 2024”, tambahnya.

Saiful juga berharap, baik PPK, PPS dan Pantarlih yang nantinya akan terpilih, agar saling membantu menuntas pemuktahiran data pemilih.

“Data pemilih sangatlah urgen dan penting, dan dapat memastikan semua warga negara menggunakan hak pilih mereka,” tutupnya.

(H)*.

Komentar Facebook

Baca Juga

Kawal Aspirasi Rakyat, Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Hadiri Musrembang

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hadiri …

Bupati Iskandar dan Wabup Deddy Buka Festival Pangan Lokal 2024

Bagikan Berita iniPILARBMR.COM, BOLSEL- Usai mengikuti aktivitas Jalan Sehat dalam rangka HUT daerah, Bupati H. …